RAIH JUARA III FESTIVAL FEPANORA KAB. BANYUWANGI TAHUN 2021

  04 Oktober 2021  |  DESA ROGOJAMPI

Kecamatan Rogojampi kembali mendapatkan penghargaan sebagai Juara III di ajang Festival Fepanora Tahun 2021. Desa Rogojampi di dapuk menjadi perwakilan untuk unjuk gigi di Festival Pangan non Beras (Fepanora) Kabupaten Banyuwangi.

 

Dengan mengusung Tema masakan yang casual mudah untuk dipraktekkan dan berbahan dasar keanekaragaman local, Tim Penggerak PKK Desa Rogojampi mendapat perhatian lebih dari ajang Festival Fepanora tahun ini.  

 

“Festival tersebut merupakan bagian dari program peningkatan ketahanan pangan. Masyarakat kita edukasi agar mengolah lebih banyak ragam jenis karbohidrat, non – beras. Ternyata di festival ini, banyak bahan pangan lain yang diolah dan menjadi enak di lidah,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat menghadiri Fepanora, Kamis (9/9/2021).

Ipuk mengatakan, festival ini juga bentuk dukungan pemkab terhadap program diversifikasi pangan yang dilakukan Kementerian Pertanian sejak 2020 lalu.

 

“Saya lihat banyak sekali menu-menu baru yang dibikin dari tanaman pangan hasil budidaya warga. Ada yang dari singkong, ubi, labu, dan masih banyak lagi, yang semuanya bisa kita tanam di sekitar pekarangan kita. Saya harap menu ini bisa diterapkan sehari-hari jadi agar pangan kita lebih beragam,” kata Ipuk.

 

Menurut Arief selaku Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, apa yang dilakukan Banyuwangi ini juga sebagai upaya membentuk budaya baru untuk mengolah bahan pangan lain. "Kami melibatkan ibu-ibu untuk memicu daya inovasi mereka bagaimana mengolah umbi-umbian dan tanaman yang ada di sekitar mereka," ujarnya.

 

Berbagai menu tersebut dinilai oleh juri yang berkompeten dari persatuan chef profesional indonesia, ahli gizi, praktisi gizi pangan olahan. (*)

Contact Details

  Alamat :   Jl. Kh. Zainudin no 07 Rogojampi
  Email : rogojampidesa@gmail.com
  Telp. : (0333) 631058
  Instagram : @desa_rogojampi
  Facebook :
  Twitter :


© 2021,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi